Cari Kos di Bandung Simak Tipsnya Dulu Yuk!

By admin - 21 February 2023

Siapa yang tak tahu kota Bandung? Selain menjadi tempat tujuan wisatawan, Bandung juga menjadi salah satu kota jujugan pelajar di tanah air. Makanya tak perlu heran jika banyak sekali terdapat tersedia rumah kos di Bandung.

Hanya saja meski terdapat banyak rumah kos tersebar di kota Bandung, namun ada beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan. Yaitu mulai dari masalah keamanan hingga fasilitas di rumah kos yang tersedia bagi penghuninya.

Buat Anda yang sedang bingung mencari rumah kos di Bandung, yuk ikuti uraian di bawah ini. Akan ada penjelasan apa saja yang dapat Anda jadikan pedoman sebelum memutuskan menyewa salah satu kos-kosan yang ada di Bandung.

Tips Mencari Kos di Kota Bandung

Berikut beberapa tips untuk mencari sewa kos di Bandung.

1. Tentukan Lokasi

Pertimbangan pertama dalam mencari tempat kos dimanapun berada, termasuk di kota Bandung adalah menilik lokasi rumah kos tersebut. Entah untuk tujuan kuliah atau bekerja, carilah tempat kos-an yang lokasinya dekat dengan tempat tujuan.
contoh bangunan kost

Memang saat ini ada banyak sekali moda transportasi untuk mendukung mobilitas, namun bukankah itu berarti akan ada tambahan biaya? Oleh karena itu pedoman pertama dalam mencari rumah kos adalah, semakin dekat lokasi kos maka akan semakin murah biaya hidup.

Selain untuk menekan biaya hidup, memilih lokasi kos yang dekat dengan tempat tujuan juga memiliki keuntungan lainnya. Misalnya jika suatu saat kamu ada kendala sehingga tak bisa berangkat tepat waktu, paling tidak keterlambatannya tidak terlalu parah.

2. Cek Fasilitas yang Tersedia

Pertimbangan kedua cek fasilitas yang tersedia, baik itu fasilitas yang terdapat di dalam kamar maupun fasilitas bagi semua penghuni kos. Contoh fasilitas di dalam kamar antara lain lemari pakaian, tempat tidur, meja dan kursi belajar, AC atau kipas angin dan lain sebagainya.

Sedangkan fasilitas yang ada di luar kamar sebagai fasilitas bersama penghuni kos adalah, tempat parkir serta kursi tamu. Selain itu biasanya pada rumah kos ada juga yang menyediakan jaringan WiFi, tempat memasak atau pantry dan masih banyak lagi lainnya.

3. Lakukan Survey Langsung

Jika lokasi dan fasilitas yang tersedia di kamar maupun fasilitas umumnya sudah pas dengan kebutuhan, maka saatnya lakukan survey langsung. Survey sangat penting Anda lakukan guna memastikan semua penggambaran sesuai dengan deskripsi serta penawarannya.

Melalui survey lokasi juga maka kondisi lingkungan sekitar dan jarak rumah kos dengan tujuan bisa Anda ketahui dengan pasti. Selain itu keadaan kamar seperti fasilitas dan kebersihan juga dapat diketahui secara nyata, bukan hanya dari gambaran atau foto saja.

4. Pertimbangkan Biaya

Yang terakhir, pertimbangkan juga masalah biaya. Setiap tempat kost di Bandung pasti memiliki harga yang tak sama. Biasanya akan tergantung pada ketersediaan fasilitas yang ditawarkan, sehingga berlaku rumus semakin banyak fasilitas, maka semakin mahal harganya.

5. Cari Kost di Berbagai Aplikasi

Tips untuk mencari rumah kos nyaman di kota Bandung yang keempat adalah carilah melalui berbagai aplikasi. Langkah ini tentunya Anda lakukan pada tahap awal saat akan mencari rumah kos sewaan.

Kemudahan teknologi digital berupa aplikasi dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Melalui berbagai aplikasi penyedia informasi rumah kos sewaan tersebut, pencarian bisa dikategorikan berdasarkan kebutuhan.

Penutup

Salah satu aplikasi andalan untuk mencari lokasi kos ideal adalah www.kost-terdekat.com. Dengan aplikasi tersebut, Anda tak perlu lagi bingung mencari lokasi kos di kota Bandung. Semoga uraian tentang cara mencari kos di Bandung ini dapat membantu.