Jangan Asal Nyari Kos Putri Muslimah Ini Kriterianya!

By admin - 26 March 2023

Pemilihan tempat tinggal bagi seorang putri muslimah tentu tidak boleh asal dan sembarangan. Selain terkait fasilitas dan lokasi serta berbagai hal lainnya, faktor keamanan juga harus jadi pertimbangan saat mencari kos putri muslimah.

Baik untuk mengenyam pendidikan di perkuliahan maupun untuk bekerja, memilih tempat kos harus dilakukan dengan sangat teliti. Nah agar tak bingung, berikut kriteria tempat kos untuk putri muslimah yang aman sekaligus nyaman.

Tips Cari Kos Aman Bagi Putri Muslimah

Di bawah ini terdapat beberapa tips untuk mencari kos putri muslimah yang aman dan nyaman, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Terdapat Orang Yang Dikenal

Jika ingin aman maka hal pertama yang harus dipertimbangkan, carilah tempat kos dimana telah ada orang yang dikenal di sana. Alasan utamanya, ketika ada suatu keadaan darurat, maka akan ada orang yang dikenal untuk Anda minta pertolongannya.

2. Fasilitas Memadai

Pastikan fasilitas umum yang tersedia cukup nyaman, aman dan memadai. Misalkan untuk kamar mandinya bukan merupakan kamar mandi bersama karena hal tersebut akan berpotensi rentan terjadinya tindak kejahatan.

3. Carilah Kosan Khusus Putri

Selanjutnya pilihlah tempat kos yang memang khusus bagi putri muslimah. Sebuah tempat kos yang berbaur dengan lawan jenis juga akan membuat terbukanya potensi kejahatan dapat terjadi.

4. Memiliki Standar Keamanan

Memilih tempat kos juga tak boleh mengabaikan faktor keamanannya, karena penghuni kos tak mungkin selamanya ada di dalam kamar. Dengan memilih kosan yang aman maka dengan begitu Anda tak perlu was-was pada saat akan melakukan aktivitas di luar tempat kos.

5. Dekat Lokasi Kampus

Pastikan juga jarak rumah kos dengan lokasi tujuan tak terlalu jauh. Apalagi jika Anda tak memiliki kendaraan pribadi. Jarak yang terlalu jauh juga rawan tindak kejahatan baik ditempuh melalui jalan kaki atau kendaraan umum.

6. Berpagar

Berkaitan dengan masalah keamanan pada poin nomor 4 di atas, pastikan Anda hanya memilih tempat kos yang memiliki pagar. Yang mana pagar adalah garda terdepan bagi penghuni kos sebelum berhadapan dengan orang lain di luar.
kos putri muslimah

Dengan adanya pagar, maka Anda akan memiliki cukup waktu melakukan pencegahan tindak kejahatan yang mungkin akan terjadi.

7. Daerah Bebas Banjir

Tips berikutnya hindarilah menyewa kos di daerah rawan banjir, meski ada tawaran harga yang menggiurkan. Jika hal ini nekat dilanggar, maka ketika terjadi bencana banjir maka Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan akses keluar.

Selain itu hal tersebut juga akan mendatangkan kesulitan bagi Anda untuk menyelamatkan berbagai barang berharga di rumah kos.

8. Lingkungan Aman

Selain keamanan di dalam rumah kos, pastikan juga jika lokasi kosan pilihan Anda berada di dalam lingkungan yang aman. Pemilihan lingkungan ini akan berkaitan erat dengan kenyamanan serta rasa aman yang ditimbulkannya.

Selain itu lingkungan yang aman juga akan membantu terjaganya tingkat konsentrasi Anda saat ada tugas perkuliahan atau pekerjaan.

9. Satu Lokasi dengan Pemilik Kos

Tips paling akhir mencari kos putri muslimah adalah carilah tempat kos yang berada pada satu lingkungan dengan pemilik kos. Dengan melakukan hal ini maka keamanan akan jadi lebih terjamin.

Penutup

Nah buat Anda yang saat ini sedang mencari tempat kos putri muslimah yang aman dan nyaman, cobalah mencari di situs atau aplikasi kost di Google Play. Semoga artikel dapat membantu dan bermanfaat.